Sekilas Tentang Unit Kerjasama Politeknik Negeri Lampung

Gambaran Umum Unit Kerjasama Politeknik Negeri Lampung

Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi memerlukan sinergitas yang koheren dengan pihak-pihak lain. Sebagai instrumen pendukung Visi Polinela menjadi Perguruan Tinggi vokasi 5 besar terbaik di Indonesia pada tahun 2020, Polinela perlu menggandeng pihak lain dalam kerangka kerjasama sinergis yang saling mendukung, memperkuat, dan berkesinambungan agar tercapai hasil yang lebih optimal dan berdampak lebih besar dalam mensejahterakan masyarakat luas.

Sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi Polinela mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Vokasi yang berorientasi pada ahklak mulia, terampil, disiplin, mandiri, dan kompetitif.
  2. Melaksanakan penelitian terapan untuk menopang pendidikan dan transfer IPTEKS guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawabsosial demi kepentingan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan stakeholder, baikkerjasama regional, nasional, dan internasional.
  5. Mengembangkan organisasi yang sehat dengan manajemen yangtransparan.

Untuk mewujudkan misi butir (d) salah satu tujuan strategis Polinela adalah meningkatkan kualitas kerjasama yang saling menguntungkan dengan stakeholder baik kerjasama regional, nasional, dan internasionalSasaran strategis upaya mewujudkan tujuan kerjasama Polinela dengan institusi lain adalah:

  1. Terjalinnya kerjasama secara efektif dan terprogram melalui penelitian, pengabdian, magang, penempatan tenaga kerja, beasiswa dan transfer IPTEKS, dengan berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta.
  2. Terbentuknya forum komunikasi/konsultasi antara Polinela dengan stakeholders yang berwenang melakukan sertifikasi keahlian.
  3. Pengembangan sistem penggalian dana masyarakat dan unit usaha yangberorientasi pada peningkatan sumber dana yang berasal dari sumber dana non pemerintah (PNBP).

Sebagai langkah operasional dari penjabaran misi tersebut, tahun 2017 dibentuklah unit kerjasama Polinela dengan dasar hukum pendirian surat keputusan Direktur Polinela No 036/PL15/PKTS/2017 yang berisi tim kerjasama Polinela. Selanjutnya dibentuklah Unit Kerjasama Polinela dengan Surat Keputusan Direktur No 013/PL15/KPTS/2017 tentang pembentukan Unit Kerjasama Politeknik Negeri Lampung. Fungsi dari unit ini adalah menunjang pelaksanaan seluruh kegiatan kerjasama di Polinela. Dalam pelaksanaan kegiatannya, Unit kerjasama berada dibawah koordinasi Wakil Direktur III Polinela. Sebagai unit kerja, Unit Kerjasama bertanggung jawab dalam merintis, mengevaluasi kelayak, menindaklanjuti permohonanrintisan kerjasama dan melaksanakan langkah-langkah operasional kerjasama antara lembaga lain dengan Polinela.

Tugas Pokok dan Fungsi

  1. Menunjang pelaksanaan seluruh kegiatan kerjasama di Polinela.
  2. Melaksanaan penjajagan rintisan kerjasama dengan lembaga lain.
  3.  Melaksanakan komunikasi efektif dengan lembaga yang akan bekerjasama dengan Polinela.
  4. Membuat naskah Nota Kesepahaman (MoU) 
  5. Membuat Naskah Pelaksanaan Kerjasama (MoA/PKS).
  6. Melakukan evaluasi pelaksanaan kerjasama.
  7. Melaporkan pelaksanaan kerjasama.